Ikan Sanggar Lintang Seberat 1 Ton, Terdampar di Pantai Cilacap

, SaracenNEWS.COM
Ikan Sanggar Lintang Seberat 1 Ton, Terdampar di Pantai Cilacap

SaracenNEWS.com - Ikan Sanggar Lintang sepanjang 6 meter ditemukan terdampar di Pantai Rawajarit, Desa Menganti, KecamatanKesugihan, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Sabtu (27/08/2016). Ikan Jenis Hiu Tutul atau Hiu Zebra (Stegostoma fasciatum) dengan berat sekitar 1 ton itu, saat ditemukan masih dalam kondisi hidup, namun beberapa saat kemudian mati karena diduga kepanasan dan terlalu lama berada di darat.

"Hiu itu diperkirakan terdampar sejak dini hari tadi. Saat ditemukan, kondisinya masih hidup karena terlihat bergerak-gerak," kata Eko, nelayan di Pantai Menganti, Cilacap, Sabtu.

"Sebenarnya puluhan nelayan sudah berupaya mendorong ikan Sanggar Lintang ke laut itu, tetapi karena terlalu berat sehingga dibiarkan lama di darat," ujar Jadi, warga Menganti.
 


Menurut dia, sejumlah nelayan berusaha mengevakuasi hiu yang bermotif tutul itu ke tengah pantai dengan cara mendorong.Akan tetapi, kata dia, upaya tersebut tidak membuahkan hasil karena terlalu berat.

"Padahal sudah didorong oleh 10 orang tetapi hiu itu tidak bisa bergeser. Berat hiu sepanjang 6 meter itu diperkirakan sekitar 1 ton," katanya.

Oleh karena terlalu lama di daratan, kata dia, hiu itu akhirnya mati dan selanjutnya dikubur dengan bantuan alat berat dari salah satu perusahaan di sekitar tempat tersebut.

 
 

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jawa Tengah Seksi Konservasi Wilayah II Cilacap-Pemalang Teguh Arifianto mengaku tidak sempat melihat hiu tutul itu secara langsung karena bangkainya sudah terlanjur dikubur.

 
 

"Namun kalau dilihat fotonya, dapat dipastikan hiu tutul bukan cucut karena terlihat ada insangnya di samping," katanya.

Ia mengatakan hiu tutul merupakan salah satu ikan yang dilindungi dan banyak terdapat di Samudra Hindia atau wilayah perairan yang hangat.

"Hiu tutul makanannya berupa plankton sehingga mereka hidup di wilayah perairan yang hangat atau tidak lebih dari 30 derajat lintang selatan maupun lintang utara," jelasnya.

 

[Dn]

(antara)


Opini