Manfaatkan Lahan Kosong Milik Desa, Penghulu Ajak Warga Goro Massal

, SaracenNEWS.COM
Manfaatkan Lahan Kosong Milik Desa, Penghulu Ajak Warga Goro Massal Datuk Penghulu Teluk Piyai Pesisir, Kubu Rohil, Supriyatno bersama warga membersihkan lahan tidur milik desa yang ditumbuhi ilalang.

 Bagansiapiapi, SaracenNews - Membersihkan lahan desa yang mulai ditumbuhi semak belukar, warga Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir melaksanakan goro massal. Seluas 1 hektare lahan desa tersebut, setelah dibersihkan rencananya akan dimanfaatkan pihak pemerintah desa, untuk lahan pertanian pajale.

 

Goro yang digelar sekaligus meyambut HUT Rohil ke 17 itu, diikuti oleh ratusan warga, bahkan para Ketua RT/RW, Kepala Dusun, dan dipimpin oleh Penghulu Teluk Piyai Pesisir, Supriyatno. Serta turut ambil bagian TP PKK Teluk Piyai Pesisir.

 

Penghulu Teluk Piyai Pesisir, Kecamatan Kubu Supriyatno mengatakan, sasaran goro kali ini membersihkan perkarangan kantor dan lahan kosong milik desa, tepatnya berada di Jalan Sungai Jermal, Teluk Piyai Pesisir. Dia mengaku partisipasi dan semangat warga sangat tinggi. 

 

Dia menambahkan, goro masal yang dilaksanakan mulai pukul 8.00 wib hingga 14.00 wib itu, juga bertujuan agar lahan kosong yang penuh ilalang, terhindar dari kejadian Kebakaran Lahan dan Hutan. 

 

"Upaya ini juga mengantisipasi terjadinya Karlahut di lahan ini, karena kita (Pemerintah Desa, red) sangat peduli dan pro aktif terhadap pencegahan karlahut," ujarnya. 

 

Lebih lanjut, Pensiunan TNI Koramil 04 Kubu ini juga menerangkan, bahwa lahan seluas satu hektare yang sudah dibersihkan bersama masyarakat itu, akan dimanfaatkan untuk lahan pertanian tanaman pajale, khususnya jagung. 

 

"Rencananya lahan tersebut dimanfaatkan untuk pertanian. 

Pajale 'Jagung', dan hasil panen nanti akan masuk ke khas desa, untuk keperluan bersama," papar Supriyatno. 

 

Rencana awal pihaknya, akan menjadikan lahan tersebut untuk komplek perkantoran Kepenghuluan Teluk Piyai Pesisir, namun dia merasa hal tersebut tak bisa terwujud dengan waktu yang singkat.   

 

Dengan kekompakan antara warga dan aparatur perangkat desa melakukan goro, Supriyatno berharap masyarakat terus bersatu padu, tidak terpecah belah dan bisa kompak menciptakan suasana kondusif di Kepenghulua Teluk Piyai Pesisir.(ren)


Terpopuler