Batalyon Inganteri-7 Marinir Ajak Masyarakat Pesisi Peduli Lingkungan

, SaracenNEWS.COM
Batalyon Inganteri-7 Marinir Ajak Masyarakat Pesisi Peduli Lingkungan

SaracenNews - Sebagai wujud kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, dalam rangka HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Batalyon Infanteri-7 Marinir (Yonif-7 Mar) melaksanakan Pembinaan Desa pesisir dengan bersih-bersih pantai di perkampungan Pesisir Komplek YUKA Kelurahan Karang Maritim, Kecamatan Panjang, Bandar Lampung, Jumat (18/08/2017).

Segenap prajurit Yonif-7 Mar yang memiliki semboyan “Angga Raksa Jaladhi Brani” diterjunkan untuk membantu membersihkan puing-puing sampah dan genangan air kotor di pinggir pantai perkampungan yang dihuni oleh kurang lebih 150 Kepala Keluarga tersebut. 

Komandan Yonif-7 Marinir Letkol Mar Profs Dhegratmen, SA, M.Tr Hanla, M.Tr Han., mengatakan bahwa kebersihan lingkungan sebagai upaya untuk menghindarkan masyarakat dari berbagai penyakit, terutama dari penyakit Demam Berdarah Degue (DBD), dan penyakit menular lainnya.

“Dengan kegiatan Bindesir membersikan lingkungan, kita harapkan warga dapat memahami akan pentingnya menjaga kesehatan, untuk dapat mencegah penyakit menular yang sangat berbahaya terhadap masyarakat, terutama bagi anak anak,” terangnya.

Diungkapkan, bahwa keberadaan prajurit TNI tidak hanya menjaga kedaulatan negara dari setiap ancaman dan tantangan musuh yang ada, tetapi prajurit TNI juga melaksanakan kegiatan Pembinaan Desa Pesisir (Bindesir), di lingkungan Mako, sebagai peran Kemanunggalan TNI dengan Rakyat.

“Sebagai masyarakat di wilayah lingkungan Markas Komando Yonif-7 Mar tentu menjadi perhatian khusus bagi kami, sehingga dapat mengatasi permasalahan dengan memberikan perhatian,” tambah orang nomor satu di Yonif-7 Mar tersebut.

Komplek YUKA merupakan desa pesisir yang terletak berdekatan dengan Pelabuhan Pelindo, Panjang, Bandar Lampung, memiliki jumlah penduduk lebih kurang sebanyak 150 KK, dengan mata pencaharian sebagai nelayan dan buruh. Dengan kondisi alam yang kurang menguntungkan, mereka terus bertahan hidup dalam penuhi kebutuhan keluarganya. Dengan Program Bindesir TNI ini, prajurit Marinir akan berupaya untuk mencarikan solusi terhadap masyarakat pesisir.

Abdullah, Ketua Lingkungan Kelurahan Karang Maritim mengaku sangat senang bisa terlibat dalam kegiatan Bindesir ini, karena menurutnya selain bisa untuk memupuk kekompakan dengan bergotong-royong bersama menjadikan lingkungannya semakin bersih dan tidak menjadi sarang nyamuk. 

"Kami berharap, kegiatan seperti ini dapat berjalan secara berkesinambungan. Begitu juga dengan program TNI lainnya untuk membantu keadaan masyarakat yang mengalami kekurangan. Dengan demikian, tentu hubungan prajurit dengan masyarakat akan bertambah dekat,” tuturnya.

Selain kegiatan bersih-bersih lingkungan pesisir, Danyonif-7 Marinir yang diwakili oleh Kapten Marinir Jonathan Lucken juga Yonif-7 Mar juga memberikan sedikit bantuan Sembako kepada masyarakat sekitar. (Penmar)